ga dapet bidikmisi dan bukan orang kaya juga, terus gimana caranya bisa kuliah di ITB?





Picture_Quotes_Creator5-19-2017_80721_PM


Di postingan kali ini, aku berjanji tidak akan membuat banyolan sedikitpun. Janji. sumpah, artikel kali ini bakal ngebosenin tapi rada penting buat lu yang punya permasalahan dengan UKT 10000000/semester (iya 10jt, kagak usah diitung berapa 0 nya) yang disapu bersih buat semua mahasiswa baru ITB yang non-Bidikmisi.

Gua bikin tulisan ini karena ini adalah problem pertama gua waktu dinyatakan diterima di ITB. Gua adalah calon penerima Bidikmisi angkatan 2014, tapi baru diterima di ITB tahun 2016. Sialnya, ternyata syarat penerima bidikmisi tahun 2016 adalah alumni SMA tahun 2016 dan 2015 (berarti tahun ini, cuma alumni 2017 dan 2016 yang bisa ikut bidikmisi. Walaupun alumni 2015 bisa ikut sbmptn tahun ini). Buat lu yang diterima di ITB, bersyukurlah karena ITB adalah institusi paling baik di dunia masalah keuangan (berlaku sebaliknya untuk masalah peraturan). oke langsung aja, ini langkah-langkah yang harus lu ikutin:


Ajuin penangguhan UKT saat daftar ulang.


Awal-awal, semua mahasiswa non-Bidikmisi emang dipukul rata 10jt/semester (dan 20jt/semester) dan ga ada subsidi silang seperti yang diberlakukan di universitas gajah yang lain misalnya. Tapi tenang, pas daftar ulang lu gausah transfer UKT semester 1. di form online yang harus lu unduh saat penerimaan sbmptn/snmptn, ada form untuk penangguhan UKT. Nah lu isi dah itu form, trus lu minta cap ke lembaga kemahasiswaan ITB. Jadi pas daftar ulang, lu serahin surat penangguhan UKT ke panitia. Dan lu gausah bayar UKT sampe… (lanjut step 2)


Ajuin Banding UKT


sebelum baca, sorry banget Banding UKT gabisa untuk mahasiswa dari Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM ITB).

Sekitar bulan septermber, lembaga kemahasiswaan bakalan buka semacam pendaftaran buat banding UKT. Emang yang ini udah mulai agak ribet, karena nanti lu bakal dimintain surat penghasilan orang tua (buat yang wiraswasta, minta ke kantor kelurahan), essay kenapa mengajukan banding UKT, dan beberapa persyaratan lainnya yang lagi-lagi harus diserahkan ke lembaga kemahasiswaan (LK ITB). Sistem banding UKT ini terbuka dan boleh dicoba oleh semua mahasiswa.

Mau orang tua lu penghasilan pas-pasan (pasti berat dong 10jt/semester) ataupun orang tua lu amin richman (kaya raya) tapi lagi ada masalah. Misalnya ada anggota keluarga yang lagi sakit keras jadi penghasilannya lebih diutamakan buat anggota keluarga itu, atau lagi terlibat hutang, apapun boleh asal lu isi aja essay nya dengan sebenar-benarnya. Setelah dipertimbangkan pihak LK, UKT setelah banding bisa berubah jadi 8jt, 6jt, dan 4jt (paling rendah). Bisa aja UKT lu tetep 10jt kalau lu emang ga butuh UKT nya turun (pertimbangan LK).

Terus gimana kalau 4jt/semester pun masih kerasa berat? lanjut…


Ajuin Beasiswa UKT/Biaya Hidup


Masalah Beasiswa di ITB itu emang surga banget di ITB. Dari bidikmisi nya aja udah keliatan bedanya. Di ITB, yang walaupun jaket almamaternya ga nyentrik, bidikmisinya itu 950k/semester. Beda disbanding kebanyakan univ lain. Beasiswa di ITB itu numpuk. Kesannya jadi kaya bukan mahasiswa yang nyari beasiswa, tapi pihak beswan yang nyari-nyari mahasiswa yang pas. Jujur aja, di ITB banyak banget yang sebenernya ga butuh beasiswa, tapi dapet.

Untuk dapet beasiswa di ITB, lu cukup pantengin terus web Lembaga Kemahasiswaan ITB (LK ITB), search aja di google) dan mau sedikit ribet. Ya iyalah lu gamau ribet mah gausah cari beasiswa, langsung ternak lele aja sono. Persyaratan yang biasa dibutuhin itu surat keterangan penghasilan, surat rekomendasi dosen, transkrip nilai (untuk yang udah semester 2 keatas), dll. Gua saranin, buat lu yang emang nyari beasiswa, lu rajin-rajin kuliahnya biar bisa dapet IP>3 di TPB. karena kebanyakan (ga semua) beasiswa mensyaratkan IP>3.

Buat elu yang Maba, dan masih berat buat bayar UKT 4jt/semester, gua saranin ikut Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS, UKT dibayarin maksimal 5jt/semester) sekitar bulan oktober nanti. Jadi kalau lu dapet UKT 4jt/semester setelah banding, lu jadi gausah bayar UKT sampe lulus. Pokoknya jangan lu bayar dulu itu UKT, apalagi sampe minjem duit atau nyusahin orang tua lu. Kalau lu dapet BIUS, lu masih bisa daftar beasiswa lagi salah satunya VDMS (550rb/bulan) atau KSE (600rb/bulan) dan masih banyak lagi beasiswa numpuk di ITB.

walaupun menurut gua ga mungkin banget (dan belum pernah juga ada yang bener-bener butuh beasiswa tapi ga dapet beasiswa), tapi masih ada kemungkinan lu ga dapet-dapet beasiswa. Mungkin karena IP yang terlalu rendah. terus gimana? lanjut…


Penangguhan UKT tiap semester, sampe Lulus


gua belum pernah coba sih yang ini, tapi perlu diinget…
ITB BELUM PERNAH SEKALIPUN DALAM SEJARAH, DO MAHASISWA KARENA MASALAH BIAYA
Gua pernah diceritain sama temen, atika destiara yang nyeritain. Dulu ada mahasiswa FTTM ga pernah bayar uang kuliah. setiap semester selalu ngajuin penangguhan UKT sampe lulus. setelah lulus dan dia kerja beberapa bulan terus UKT nya langsung dilunasin semua.
walaupun ini sangat jarang, tapi pernah terjadi.

Oke itu langkah-langkah kalau lu mau kuliah di ITB, tapi bukan orang kaya dan bukan bidikmisi juga. Jadi, jangan ngurungin niat untuk Kuliah di ITB cuma karena masalah biaya. Kalau lu masih SMA, bidikmisi jelas beasiswa yang paling worth it menurut gua. Tapi kalau ga bisa bidikmisi, selow ae yang penting lolos dulu di ITB, makanya belajar yang bener dari sekarang!

Makasih udah baca, kalau ada kritik dan saran bisa langsung tulis di komentar. Kalau mau Tanya-Tanya sama admin bisa hubungi di line di @bvp3622n (pakai @)
atau klik disini

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bang kalo udh terlanjur ga ngajuin subsidi pas daftar ulang di semester berikutnya masih bisa ngajuin subsidi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  3. Bang, mau tanya, kalo minta penangguhan UKT ke LK setelah batas tanggal pembayaran bagaimana? misal terakhir bayar 11 januari, tetapi minta penangguhan setelah tanggal tersebut, itu bisa gak?

    BalasHapus
  4. Termotivasi Jadi pengin ke ITB ��

    BalasHapus
  5. Kak izin bertanya, jadi untuk mahasiswa SBM ITB apa nggak bisa dapat pengurangan biaya sama sekali untuk kuliah?

    BalasHapus
  6. kampus impian banget, baca ini jadi makin semangat. makasii lohh infonya:)

    BalasHapus