Baru masuk ITB, gimana sih kesan pertama gua tentang ITB?



IMG_4305



Ini tulisan kedua gue sepanjang sejarah. Gua nulis ini sebenernya biar blog gua ga katro-katro amat karena isinya cuma satu tulisan yang nyeritain perjuangan gue buat lolos SBMPTN di fttm itb. Artikel ini bikin blog gua jadi punya dua artikel dan terkesan gua adalah penulis blog beneran. Artikel gua kali ini bakal mengulas tentang ITB ganesha, beberapa keunikan yang gua temuin disini, dari sudut pandang gua seorang maba yang gatau apa-apa. Gua berharap dengan tulisan ini, semakin membuat DEDEK DEDEK EMESH para pejuang SBMPTN yang berminat masuk ITB, jadi makin kuat motivasinya.

oke langsung aja, apa sih yang menurut gua unik di ITB Ganesha? ohiya gua tekanin lagi, ini berdasarkan sudut pandang gua. Dan artinya kemungkinan ada yg ga setuju, dan semua yang gua tulis ini cuma penampakan nyata aja. Bukan sistem belajar karena gua maba

ITB itu capek, Banyak Tangga!!

Ini beneran, buat orang  YANG AGAK GENDUT dengan tinggi 178cm dan berat 84 kg (lo boleh baca: manusia dengan beberapa timbunan lemak. inget! cuma beberapa!!) kaya gua, jalan dari gerbang depan ke perpustakaan itu capek banget. Lu harus lewatin 3 set tangga yang tinggi, dan ngeselin. Untungnya sih, bandung (kalau ga ada sinar matahari) tuh dingin. Jalanan di ITB juga naik turun, makin ke belakang umumnya makin nanjak sampe ke puncak

jalan dari gerbang depan ke belakang  ITB itu kaya hidup kita. butuh jalan terjal, naik turun, mendaki tangga demi tangga, untuk sampai ke puncak

Coba perhatiin gambar diatas (gambar ini ngeliatin ITB menuju gerbang depan). Ini gambar yg biasa ada di google, sebenernya ini gambar diambil persis dari puncak tangga set kedua dari gerbang depan. Keliatan ga? persis dibawah foto ini diambil tuh sebenernya tangga. gua bilang ini foto nunjukin arah gerbang depan, terus gerbang depannya dimana? Gerbang depannya ga keliatan karena setelah kolam dan 2 gedung kembar itu, ada tangga turun lagi kebawah yang tinggi banget. sampe gerbang depan ketutupan.


OOOOOHHHHHH GITU TOH (pasti reaksi yang baca kek gini hehe)
alhasil, kuliah disini udah membinasakan 8kg massa lemak yang selama ini mendiami tubuh gua. di awal paragraph gua cerita berat badan gua 84kg, padahal pas awal masuk itb berat badan gua 91kg (oke ini ga penting)


TEMPAT DENGAN POPULASI CEWEK IMUT HIJAB BERKACAMATA TERBBANYAK

buat lo yang bosen sama cewek kota dengan rok mini dan celana gemez yang kalau lo liat dosa, ga lo liat mubazir dan mubazir=dosa (auto dosa), atau lo yang bosen dengan cabe-cabean yang muka putih penuh tepung persis KFC, leher item, baju merah,  dan celana ijo ala rainbow cake, lo wajib nih pantengin cewek-cewek ITB. gua susah cari cabe-cabean di ITB karena disini ceweknya santun-santun pakaiannya, Lo pantengin masjid salman. Ini gudangnya populasi cewek imut hijab berkacamata, bikin adem hati.


senyuman cewek-cewek salman seakan bicara,”kalau mau deketin aku, halalin aku dulu bang!”. sumpah bikin semangat belajar biar bisa cepet-cepet halalin salah satu diantara mereka.



S_5814799192150

itu salah satu foto gua bareng cewek salman FTTM, ga berkacamata sih tapi bikin adem (pohonnya maksud gua). ceritanya: waktu itu lagi pembagian jaket angkatan dan
jones yang satu inigua bosen foto sendiri mulu. jadi gua ajak fahira (secara random, yang penting cewek) untuk foto bareng.


BELAJAR DENGAN POWER SETARA PUKULAN SAITAMA DAN DENGAN KECEPATAN SUPER SAIYA


Di awal gua bilang gua gamau bahas sistem belajar di ITB secara lebih dalam karena gua masih mahasiswa baru dan belum penjurusan. Ya ibarat anak bocah lagi maen petak umpet, gua tuh masih anak bawang lah.

Gua pernah kuliah di universitas lain sebelum di ITB, jadi gua bisa ngebandingin sistem belajar disini. sebagai gambaran aja, gua masih TPB dan kating (kakak tingkat) gua selalu bilang ke gua sambil becanda,”anjir anak TPB sok sibuk tidur siang masih dapet A aja”.

Padahal menurut gua TPB nya ITB udah berat banget dibanding sistem belajar gua di univ yang lama. Ibarat lu belajar semua BAB fisika di SMA dalam waktu 3 tahun, semua materi fisika di SMA di pelajarin ulang di ITB dalam waktu 8 bulan (2 semester dalam 14 minggu/semester). Ditambah materi fisika dasar disini lebih kompleks (lu belum pernah ngisi soal tentang potensial listrik, arus, dll pake Logaritma natural dan integral kan di SMA?).

Dan tahap mengerikan ini dinamai TPB, Tahap Paling Bahagia (aslinya: Tahap Persiapan Bersama) oleh kating-kating. Gua sendiri satu kontrakan sama kating-kating fisika 2014 (dulunya temen sekelas gua di SMA). mereka setiap bikin laporan praktikum, itu pasti pusing sama codingan. ngoding tiap minggu vroh padahal jurusan fisika!! Dosen matkul Pengantar Sumber Daya Mineral dan Energi sendiri (doi pernah jadi mahasiswa ITB juga) pernah bilang:


DOSEN ITB BUKAN TUHAN! TUHAN TIDAK AKAN MEMBERIKAN UJIAN DILUAR KEMAMPUAN UMATNYA, TAPI DOSEN ITB SANGAT MEMUNGKINKAN MEMBERIKAN UJIAN DILUAR KEMAMPUAN MAHASISWANYA



ini kesimpulannya bukan dosen ITB melebihi tuhan ya wkwk tapi konteknya dosen ITB itu punya kuasa atas mahasiswa, dan Tuhan kuasanya sama umatnya. jadi beda jauh
tapi apa berarti gabisa nih kuliah di ITB buat orang-orang yang biasa aja?? Gua selalu bilang di ITB ada dua tipe mahasiswa: Mahasiswa Jenius atau Mahasiwa yang berjuang mati-matian. Jadi kalau lu bukan mahasiswa jenius, ya lu harus berjuang mati-matian. Gua sendiri udah ngebuktiin, ternyata belajar di ITB ga seberat apa yang gua bayangin sebelumnya. Nah yang bahaya tuh kalau lu sebenernya mahasiswa biasa tapi lu anggap lu Jenius. yang kaya gini kalau ga nasakom (nasib satu koma) ya stress.

Oke terima kasih udah mau baca, komen kalau ada tambahan. dan kalau ada waktu gua bakal sunting/bikin artikel baru tentang suasana di FTTM ITB. Di artikel ini sebenernya banyak yang mau gua bahas, salah satunya tentang banyaknya segala sesuatu yang gratisan di ITB dan bejubelnya beasiswa di ITB. tapi besok deadline laporan praktikum kimia wkwk
yang mau Tanya-Tanya sama gua tentang FTTM, ITB, atau SBMPTN, add aja line di OA FTTM, ITB, & SBMPTN (klik link) atau add @bvp3622n

4 komentar:

  1. kak,cara belajar kk buat persiapan sbm gimana ka ? belajar brpa jam perhari,sistem blajar nya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bu anisa. Saya Ki Nata bukan Ki Nawe (alan kinata)

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwk... setiap liat blog di google slalu ada aja iklan dukun sosmed

      Hapus
  2. Kang Alan, tips bisa matematika gimana kang? ane bobol bener asli, klo udh liat simbol simbol macam sin cos dll tiba2 jadi bosan dan ngantuk, mohon pencerhane kang

    BalasHapus