Anak yang Nilai UN mafikibi 5,5,4,6 dan Hampir DO Univ Swasta, sekarang di FTTM ITB


Ya, seperti judul diatas. Gua emang anak yang biasa-biasa aja cenderung Gatau Diri. Kehidupan SMA gua penuh dengan waktu yang sia-sia, (INI SERIUS. Buat lo yang baca tulisan ini dan masih SMA, gua saranin jangan buang waktu lo buat sia-sia. Belajar dari sekarang trus belajar yang bener bab per bab lu pahamin mateng-mateng)

gua SMA ga pernah belajar. Bahkan H-1 ujian macam UAS pun gua bikin contekan serapih mungkin. Gua koordinir gimana caranya gua bisa nyontek. Gua simpen semua ebook pelajaran di HP Android Butut gua buat nyontek (singkat aja, HP gua SMA dulu tuh android layarnya Cuma 3”, bisa ketutup semua sama telapak tangan). Tapi Gua ga pernah nyontek PR pas SMA. Untuk PR gua ga pernah nyontek? Anak rajin? Bukan!!!!! Gua ga nyontek karena emang ga ngerjain PR. Gua Cuma berharap guru ga ngumpulin PR. Kalau ternyata di kumpulin? Ya gua langsung buru-buru fotoin tugas temen gua dan gua bilang ke guru gua lupa bawa PR dan itu PR gua kumpulin pulang sekolah. Jahannam emang.

Dan hasilnya? Pas UN semua contekan udah gua siapin, semua murid udah di koordinasi tapi nyatanya itu soal beda dari tahun-tahun sebelumnya hahaha dan gua dapet nilai UN Mafikibi 5,5,4,6.
DAN INI ADALAH PENYESALAN TERBESAR DALAM HIDUP GUA. PENGEN RASANYA NGULANG SMA DAN GA NAIK KELAS, TAPI SIALNYA GUA DILULUSIN UN SAMA GURU LULUS UN.
IMG_20160725_214402

Akhirnya gua ga dapet SNMPTN. Dan lulus UN 2014 gua dapet beasiswa full di salah satu univ swasta di cikarang yang kuliahnya satu tahun 3 semester, kuliah pake Bahasa Inggris, dan lulus lebih cepet. Menurut gua, gua bisa dapet ini beasiswa karena hoki. Kenapa hoki? Karena ini beasiswa buat orang kurang mampu, dan di formulir pendaftaran beasiswa tertera kuota 20 mahasiswa tiap jurusan, tapi nyatanya yang ikut seleksi Cuma 16 orang secara keseluruhan, bukan per fakultas. Jadi, gua lolos hehe.

Disini, syarat beasiswanya gua harus dapet IP 3 tiap semester. Dan kalau IP gua kurang dari 3, gua dapet SP. Dan kalau gua dapet tiga kali SP, gua drop out. Bego nya, gua masih belum sadar juga.


Tipsen terasa menyenangkan, Tidur dikelas seakan kebiasaan, Nyontek pun tetap ku pertahankan.


Akhirnya, semester 2 IP gua Cuma 2,5 karena Kalkulus dan Fisika Dasar gua dapet E. SP 1 kan tuh ya. Karena gua dapet SP dan mulai panik, Akhirnya di semester 3 (april 2015, inget disini satu tahun ada 3 semester) gua searching gimana caranya masuk PTN. Dan ternyata caranya adalah ikut SBMPTN.

YA!! Gua baru tau SBMPTN HAMPIR 1 TAHUN SETELAH LULUS SMA

Gua search contoh soal matematika IPA tahun sebelumnya. gua download soal matematika ipa SBMPTN 2014, dan Wow pas liat soal sbmptn wkwkwk tau kan gua ngerjain soal UN aja dapet nilai kaya gitu padahal udah nyiapin contekan wkwk absurd tu soal.

Baca soal SBMPTN udah kek baca prasasti huruf Sansekerta.
Akhirnya, gua ikut SBMPTN dan GAGAL TOTAL. Sebelum SBMPTN  gua dapet masalah sama temen karena kebodohan gua dalam bergaul dan berkomunikasi. Gua terlibat percekcokan ga penting (sumpah gua ngerasa sampah banget) sama anak-anak Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin dan anggota nya, akhirnya gua dimusuhin satu jurusan. Plus IP semester 3 gua yang Cuma 1,5. Sampah banget ya? EMANGGGGGG!!!!! Gua emang belum dapet SP3 dan belum Drop Out, tapi kalau gua lanjutin kuliah juga percuma IP gua pasti jelek lagi, ujung-ujungnya DO juga. Akhirnya gua memutuskan buat ga masuk kuliah lagi setelah semester 3 selesai (juli 2015)

Disini gua ngerasa terpuruk, gua bilang ke orang tua gua kalau gua keluar dari kampus karena gua mau masuk ITB.

Bokap gua sampe bilang: KALAU LU LOLOS ITB GUA JUAL NI RUMAH BUAT BIAYA KULIAH LU. TAPI KALAU LU UDAH KELUAR DARI KAMPUS DAN GA LOLOS ITB, LU ANGKAT KAKI DARI RUMAH GUA

Padahal nyatanya gua keluar karena emang gua yang Gatau Diri. Gua ngerasa malu buat jujur, dan gua gamau liat orang tua gua sedih. Gua lebih baik dimarahin abis-abisan sama mereka daripada harus liat mereka sedih anaknya gagal kuliah, anaknya dimusuhin satu jurusan dan gapunya temen. Gua bilang gua mau masuk ITB padahal itu cuma alesan doing.


Ketemu keluarga besar pas nikahan sodara udah kaya ketemu munkar dan nakir. Mereka seakan menghakimi betapa bodohnya gua keluar kampus setelah dapet beasiswa. Mantan pacar sampe bilang ke gua, bego lu bego lu bego lu, seakan kata "bego lu" adalah dzikir bagi mereka yang diucapkan 33x setiap chat sama gua.


Nganggur setahun jadi opsi satu-satunya. Setelah gagal SBMPTN gua masih coba SIMAK UI. Sialnya, soal UN yg gua anggap susah banget, soal SBMPTN yang gua anggap kaya prasasti sansekerta, ternyata ga ada apa-apanya dibanding soal SIMAK. alhasil gua gagal simak UI 2015, gua pun gagal tes STAN.

Bulan Oktober sampe Desember, gua pake buat belajar Matematika (matdas dan matipa).  Gua belajar matdas dari teori, trus pas udah paham gua langsung kerjain semua soal di bab itu. Setiap ada yang gabisa gua jawab, gua ga langsung play jawaban. Gua play dulu semua teori trus gua utak-atik itu soal. Kalau bener-bener mentok ampe berjam-jam itu soal kagak bisa, baru gua play penyelesaian soal nya. Itupun kalau di tengah pembahasan gua mulai ngeh, gua langsung pause dan mulai ngotak-ngatik soal lagi sampe bisa.

Gua lakuin itu dari bab awal, sampe bab selanjutnya. Dan setelah selesai semua BAB, gua ulang lagi teori+soal dari awal. Gua tamatin lagi itu matipa, terus gua ulang lagi. Biasanya biar udah tamat berkali-kali, ada aja soal yang gua kagak bisa kerjain.

Dan gua Gatau kenapa, belajar matdas bikin gua jadi gampang ngerjain TPA. Gua kaya belajar TPA (khususnya numerikal) dengan sendirinya. Bahkan soal TPA figural pun jadi terlatih. Entah mungkin cuma perasaan gua. Gua cuma sulit di TPA Verbal.

awal januari sampe akhir february 2016 gua pake buat belajar kimia. Dengan sistem belajar yang sama kaya belajar matdas tadi. Dan maret gua pake buat belajar Biologi.

April-Mei gua pake buat pelajarin semua materi secara frontal. Gua tonton bener-bener itu materi Bahasa Indonesia. Gua juga review ulang teori matematika, kimia biologi, dan fisika di April-Mei.

Gua ga belajar fisika secara detail karena menurut gua materi fisika itu paling gila banyaknya dan yang keluarpun lumayan banyak teori. Jadi gua putusin buat pelajarin fisika lebih ke konsep dan nurunin rumusnya. Bukan ke penyelesaian soal karena bakal ngabisin banyak waktu banget ini fisika.

Bahasa Inggris pun ga gua pelajarin teori+soal nya karena gua belajar lewat subtitle film+novel bahasa inggris yang kadang gua baca. Gua selalu nonton anime pake subtittle inggris buat selingan kalau lagi capek belajar. Setiap ada kata-kata yang gua ga ngerti, gua pause, trus buka google translate.

Gua juga Baca novel "The Lost World" dengan bahasa inggris. Dengan nonton anime sub english+baca novel bahasa inggris selama 1 tahun, vocab gua nambah dan secara ga langsung.

H-1 SBMPTN, gua hapalin letak kamar mandi. Hari H SBMPTN Pun gua nyiapin kopi 2 bungkus yang gua masukin ke botol aqua hehe. Alhasil ga ngantuk sama sekali pas SBMPTN. Gua ngerjain enjoy walaupun


soal SBMPTN 2016 gua rasa beraroma SIMAK UI


(mungkin perasaan gua doang)
daaaaannnnnnnnnnnnnnnnnn akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
2016-06-29

Dan waktu keterima, gua kaget sambil sontak bilang,"astagfirullah mampus gua. Bakal lulus kagak nih dari ITB. anjir anjir anjir"

Maklum aja, konon katanya kuliah di univ negeri tuh beda banget sama di univ swasta. Tugas bakal numpuk beda jauh. Dan parahnya, gua kuliah di univ negeri sekelas ITB -_- yang katanya tidur teratur aja udah bersyukur banget. Dan parahnya lagi, gua kuliah di teknik yang konon lulus tepat waktu itu mitos.


Kuliah di PTN itu rumit. Kuliah di ITB itu rumit. Kuliah di jurusan Teknik itu rumit. Kuliah di PTN terkenal sekelas ITB di Jurusan Teknik? KELAR IDUP LO!!!!!
Gua juga ikut UM UGM hihihihihihi2016-07-02


gua juga daftar UTM IPB dan ambil prodi baru di PDD sukabumi yang kuotanya banyak dan pendaftarnya lumayan sedikit karena prodi baru. Lalu....

2016-07-02 (1)
dulu IPB nolak gua di snmptn, sekarang gua yang nolak IPB (ditambah nolak UGM pula, hehe)

dari pengalaman gua. gua percaya kalau:



ga ada orang yang bodoh. Yang ada cuma orang yang gamau kerja keras




kalau lu ga belajar waktu lu seharusnya belajar, lu bakal dapet pelajaran di waktu lu bersenang-senang

Semua orang punya jatah belajarnya masing-masing buat lulus SBMPTN. Abisin jatah belajar lo selagi lo masih SMA
gua itu orang yang udah banyak banget ngalamin kegagalan. tapi inget:


KALO NASI UDAH TERLANJUR JADI BUBUR, LO TINGGAL TAMBAHIN KECAP MANIS, AYAM SUWIR, SAMA KERUPUK BIAR KEGAGALAN YANG LO ALAMI BERUBAH JADI BUBUR AYAM SUPER ENAK.

Ohiya, gua calon penerima bidikmisi di tahun 2014 dan 2015. Tapi sialnya, tahun ini gua gabisa daftar bidikmisi 2016 karena persyaratan bidikmisi cuma buat dua tahun. Jadi penerima bidikmisi tahun 2016 cuma buat angkatan 2015 dan 2016. sedangkan gua lulus 2014. Sekarang gua lagi daftar beasiswa lain, jadi pembaca tolong doain gua dapet beasiswa supaya gua bisa lanjut di FTTM ITB.
baca juga artikel gua tentang Baru masuk ITB, gimana sih kesan pertama gua tentang ITB??
yang mau Tanya-Tanya sama gua tentang sbmptn, fttm, dan itb bisa add OA FTTM, ITB, & SBMPTN  add di @bvp3622n (pakai @)
update 25 agustus 2016:
  • gua juga peserta Beasiswa Perintis 6 LPP Salman ITB (ini berjasa banget buat persiapan gua) gua gabisa ceritain semua karena deadline pengumpulan blog nya udah mepet banget waktu juli kemaren.
  • Banyak banget yang komentar di bawah,"AH INI BUKAN FOTO IJAZAH LO GAN/AH INI SKHUN TAHUN 2013/LULUS TAHUN 2014 KO IJAZAH 2013?" nih sekalian gua scan full biar puas hue hue hueIJAZAH SMA 2-page-001
  • terus ada pertanyaan, dan banyak juga yang nanyain ini, yang sebenernya gua yakin mereka udah tau jawabannya,"BAPAK LU JADI JUAL RUMAH GAN?" wkwk ya gua anak gatau diri aja namanya kalau masih nagih2 janji kaya gitu. yang jelas gua berterima kasih banget karena udah sedikit digertak gitu. GUA JADI SANGAT TERMOTIVASI BUAT NGEJAR ITB. KATA TEMEN, YANG MUNGKIN LO JUGA SERING DENGER,"THE POWER OF KEPEPET" 
  • update 29 april 2017: gua dapet beasiswa BIUS, jadi stop nanyain rumah gimana nasibnya hehe
  • update februari 2018: gua dapet beasiswa bidikmisi pengganti, ga paham kenapa gua yang lulusan 2014 dan masuk kuliah 2016 bisa lolos bidikmisi pengganti. padahal awalnya jelas-jelas ditolak karena aturan dari beasiswa bidikmisi beswan adalah lulusan tahun itu dan satu tahun sebelumnya. pasti karena doa dari banyak pihak termasuk pembaca, serta kebaikan pihak lembaga kemahasiswaan ITB

54 komentar:

  1. Cerita lo keren bang, salut gue sm lo.
    btw ane nganggur 1 thn bang, doakan gue nyusul lo di fttm bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Btw, gue nunda setahun buat kuliah. Thanks Bang, tulisan lo bikin gue tambah semangat buat ikutan SBMPTN taun depan. Semoga gue bisa menyusul lo di ITB ya Bang wkwk

    BalasHapus
  3. kaget aja dr swasta bisa masuk itb. WAH TERIMAKASIH KANG ALAN UDAH BIKIN Semangat walaupun ga ikut sbm karna udah keterima pmdk di suatu univ tapi insyallah mau sbm tahun depan.LEBIH KAGETNYA PAS LIAT PIC TERNYATA KANG ALAN PERNAH SINGGAH 1 Sma yang sama wkwk. angkatan 53 ya kang? salam dr angkatan 55 terimakasih telah menginspirasi!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih mantap!! gua alumni SMAN 1 Karawang angkatan 52 tapi wkwk tua ya

      Hapus
    2. Thank you bang cerita lu bikin gua jadi semangan. Doain bang siapa tau tahun depan saya bisa masuk ITB. BTW saya Juga dari karawang sekolah di SMKN 1 CIKAMPEK

      Hapus
  4. Ceritanya apik sekali, ijin share mbah. biar temen gua yang males males atau ogah ogahan belajar atau tepatnya gatau diri atas usaha orang tua untuk anaknya ke jenjang perkuliahan pada berubah cepet sadar. hehe :D

    BalasHapus
  5. terimakasih bang lu jadi inspirasi gua. gua baca blog lo tahun lalu bener bener ngubah diri gua. gua lulusab tahun lalu gak niat sama sekali buat masuk ptn padahal ortu gua berharap gua masuk ptn. masuk pts pun gua ambil jurusan asal asalan dan gua kaco banget ipk cuma 2.0. gua memutuskan untuk berubah gua belajar dari desember untuk nyiapin sbmptn sambil kuliah. akhirnya kemaren gua diterima di SBM ITB melalui sbmptn. thanks bang. lu bener bener inspirasi gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah:) ini tujuan gua nulis. walaupun gua bukan anak muda yang berprestasi dan membanggakan Negara kaya yang lain, seenggaknya gua pengen orang lain supaya ga males-malesan dan mau belajar

      Hapus
  6. Menginspirasi sekali kakk. Terimakasih udah bikin saya tambah semangat untuk belajar agar masuk fttm kak, dari dulu saya mau bngt masuk fttm. Doakan ya kak, tahun dpn saya bisa masuk fttm.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. lo mulai dari oktober non-stop? mantap!!!
    coba ceritain masa-masa payah lo dalam belajar and cara menanggulanginya.

    thx

    BalasHapus
  9. Tulis juga dong bro artikel tentang lu pas ujian sbmptn ngisi soal berapa dan dari mulai masuk ruang ujian sampe pngumuman.

    BalasHapus
  10. Gw udah nganggur setahun stelah lulus SMA 2016,terus gw Lolos sbmptn 2017 di pilihan ke dua , wich is bukan pilihan gw tapi pilihan ortu. Gw merasa stress skrg dan gw berfikir mau ngulang sbmptn lagi tapi takut ketuaan... Gimana yah ,ada saran ga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang bang, gue jg sama kayak lo. Tahun 2016 gue gadapet sbmptn,niat ngulang buat kejar ptn favorit gue. 2017 gue gadapet ptn favorit gue, dptnya dipilihan ketiga, ptn pilihan mama gue.
      Jujur aja, gue ga suka sama ptn ini. Rencana gue mau ikutan lagi sbmptn 2018 sambil kuliah disini.
      Mnrt gue mending gue korbanin 1 tahun lagi drpada gue nyesel bgt.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  11. Its something yah bang :'v Gw lulus sma tahun ini, tapi snmptn,sbmptn, sma jalur mandiri ptn gak lulus :') Jadinya gw nunda kuliah thn ini bt ikutan sbm tahun dpn. Smga bisa kek lu yah bang

    BalasHapus
  12. Wah masih jamannya pak Padiana nih
    Dulu kelas berapa kang? Angkatan 52 ya kan?
    Doakan kami angkatan 56 ya kang supaya diterima masuk PTN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh jadi ketauan tua nya deh hehe. Sipp sukses ya snmptn/sbmptn nya. Eh tapi smansa dikit banget nih yg lolos sbmptn. Tahun 2016, malah smansa angkatan 54 ga ada yg lolos sbmptb disaat sman 1 TJ ada yg lolos FTMD sbmptn (yusril). Kuy langsung belajar sbmptn abaikan jalur undangan

      Hapus
  13. Kak. Kakak zenius x pedia nya yg tahun 2016 atau 2015?

    BalasHapus
  14. kak Alan dulunya pake zenius atau quipper buat belajarnya?

    BalasHapus
  15. PARAH SIH INI MOTIVASI TERBESAR MAKASIH BANGET YA BANGG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. kak dulu sehari belajar sampai berapa jam?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Aku baru kelas 2 Sma baca cerita ini langsung semangat untuk nyicil belajar sbmptnnya, makasih ya bg karna ceritanya banyak buat orng termotivasi terutama aku :)

    BalasHapus
  20. Saingan gua yang nganggur nganggur nih ya brarti?

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Keren banget sumpah aku jadi termotivasi nih thank you kaaaakkkkkkk

    BalasHapus
  23. Alaaaan sumpah keren baru bacaaa wkwkwkwk

    BalasHapus
  24. cara jawab sbm yg lulus kakak gmna klo boleh tau?

    BalasHapus
  25. Halo kak, mau tanya, mohon dijawab . Kakak berarti bener bener belajar sendiri yak? Gak ikut bimbel atau les apapun?

    BalasHapus
  26. Weh bang gw baru tau ,ternyata yang mafikibi 5,5,.. dan tembus FTTM itu bang alan wkwk

    BalasHapus
  27. Doain aku ka someday bisa nyusul ke fttm, makasih motivasinya. May allah bless to u(:

    BalasHapus
  28. Doain juga, biar sya tahun depan langsung lolos sbmptn 2020,walaupun sya persiapan sbmptn nya kurang mantap karena sambil kuliah,,

    BalasHapus
  29. Hampir mirip dengan ane ya... cuma ane di swasta tapi gk nyaris DO.Rencana ikut SBM 2020 mati matian biar diterima PTN

    BalasHapus
  30. Makasih bang udh bantuin gw supaya bangkit

    BalasHapus
  31. Btw, lu kerennya minta ampun, salut gw

    BalasHapus
  32. LU KEREN BGTT SUMPA!!😭😭gw merinding bacanyaaaaaaaaa . emangg bener yaa orang yang sebandel dan sebodoh apapun bisaa berubah gila gilaaaaa😭

    BalasHapus
  33. Fakultas impian gueee🖤🖤🖤🖤

    BalasHapus
  34. Login gann gue akan ngikutin jejak lo

    BalasHapus
  35. BANG AKU MAMPIR YAK WKWK
    btw ini aku udah baca dari jaman 2017, yang awalnya aku pengen banget masuk UIN Malang auto pengen masuk UGM Agribisnis Pertanian dan rencana mau gap year setahun buat siapin ke UGM. Qodarullah masuk UB Agrobisnis Perikanan 2017 jalur SBMPTN hoki 🤣🤣 gimana gak hoki sbmptn aja ngerjakan sambil merem, 15 menit kelar tinggal tidur wkwk (soalnya nyari cara biar gak lolos sbm wkwkwk). Sekarang gua udah smt 7 mau 8, doain bang semoga gua bisa lulus tepat pada waktunya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak ya bang, karena lewat abang gua bisa bermimpi lebih tinggi dari sebelumnya :)

      Hapus